Rute Menuju Gunung Semeru Melalui Ranu Pane

14.15
Rute Menuju Gunung Semeru Melalui Ranu Pane

Plentyofdisk - Anda traveller yang hobi backpacker. Yuk, intip tips ke Semeru ala backpacker. Bagi para pendaki, Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Jawa Timur adalah salah satu gunung yang wajib didaki. Selain menyandang predikat sebagai tanah tertinggi di pulau jawa, Semeru juga menyuguhkan panorama alam Ranu Kumbolo yang sayang untuk dilewatkan.
Gunung semeru dapat Anda daki melalui jalur Desa Ranu Pane yang terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk Anda dapat mencapai Desa Ranu Pane, pendaki harus menggunakan modal angkutan umum dan mobil jip. Bagi anda yang belum pernah mendaki ke Semeru, Anda Tertantang?
Ada Rute Menuju Gunung Semeru Melalui Ranu Pane yang dapat di jadikan referensi saat Anda berkeinginan untuk  mendaki ke Semeru dari Bandara Abdurrahman Saleh menuju kaki Gunung Semeru di Desa Ranu Pane. Dari Bandara Abdurrahman Saleh, Anda harus keluar menuju patung pesawat yang ada di pinngir Jalan Abdurrahman Saleh, Cemoro Kandang, Kedung Kandang, Kota Malang. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum bernama TA “ Tumpang Arjosari” jurusan Terminal Arjosari-Pasar Tumpang berwarna putih.  Membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Jalan Abdurrahman Saleh menuju Pasar Tumpang. Ongkos angkutan umum yang dibutuhkan sekitar Rp 7.000 per orang. Saat musim pendakian bersamaan dengan libur panjang, biasanya angkutan umum TA “Tumpang-Arjosari” tersedia sampai malam. Apabila di hari biasa, angkutan umum bernama TA “ Tumpang Arjosari” akan mulai sulit ditemui saat pukul 17.00 WIB.
Kebayangkan dibutuhkan efforts yang lumayan untuk mendapatkan panorama indah di Semeru. Selanjutnya, Setelah Anda tiba di pertigaan Pasar Tumpang Anda dapat memilih moda transportasi baik mobil jip maupun ojek motor biasa. Untuk moda transportasi mobil jip anda bisa datang ke kios paguyuban mobil jip di Pasar Tumpang. Biaya untuk moda transportasi mobil jip dari Pasar Tumpang menuju Desa Ranu Pane dibutuhkan kocek sebesar Rp 650.000 untuk kapasitas 12 orang. Jika di hitung per orang setiap orangnya dikenakan tarif Rp 55.000.
Perjalanan dari Pasar Tumpang ke Desa Ranu Pane membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan melewati berbagai bagian jalan rusak. Perjalanan Anda akan melewati berbagai titik wisata seperti Air Terjun Coban Pelangi dan Pos Bantengan hingga  Anda akan tiba di Desa Ranu Pane. Ada juga alternative transportasi lain yang dapat Anda jadikan opsi, dengan menggunakan ojek motor misalnya, dari Pasar tumpang ke Desa Ranu Pane akan dikenakan ongkos sebesar Rp 100.000 – Rp 150.000. Ojek Motor ini dapat dengan mudah Anda temui di sekitar Pasar Tumpang.

Ketika Anda ingin turun dari Desa Ranu Pane ke Pasar Tumpang, Anda bisa menggunakan moda transportasi mobil jip dari Pasar Tumpang maupun Desa Ranu Pane. Anda dapat menanyakan jasa penyewaan mobil jip kepada warga sekitar Desa Ranu Pane. Nah, mudah bukan Rute Menuju Gunung Semeru Melalui Ranu Pane? Patut di coba.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »